Rabu, 07 September 2016

Penggunaa To Be dan Contoh Kalimat (am,are.is,was,were) lengkap



PENGERTIAN TO BE
To Be adalah komponen penting dalam kalimat bahasa Inggris karena to be (is, am, are, was, were) adalah kata kerja  yang harus pada setiap kalimat. To be adalah kata bantu yang biasanya diikutkan dalam suatu kalimat. Semacam penegasan pada sebuah subjeck dan kata yang mengikutinya.Karena pentingnya maka ini merupakan pengetahuan dasar bagi pelajar untuk memahaminya dengan benar.
  • Am = Digunakan untuk subject orang pertama tunggal contoh : I
  • Is = Digunakan jika subject adalah orang ketiga tunggal Contoh: She,He,It.
  • Are = tigunakan jika subject berbentuk jamak contoh: They,We, bisa gigunakan juga untuk orang kedua tunggal contoh :You.
Bentuk simple past tense digunakan untuk fakta-fakta dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau yang dipakai adalah was dan were.
  • Was = fungsinya seperti penggunaan is namun  digunakan untuk bentuk lampau. Was digunakan untuk subjek I, She, He dan It.
  • Were = fungsinya seperti pengguanaan Are, namun digunakan untuk waktu lampau. Were merupakan to be yang digunakan untuk subjek I, you, we, they.
1.   Kalimat Positive
AM
Am merupakan to be yang hanya digunakan untuk subject I
CONTOH:
  • I am very busy ( saya sangat sibuk)
  • I am a student ( saya adalah seorang murid)
  • I am healthy (saya sehat)
  • I am diligent ( saya rajin)
  • I am a worker ( saya adalah seorang pekerja)
IS
Is merupakan bentuk to be yang hanya digunakan untuk singular atau tunggal dan hanya digunakan untuk subject atau pelaku berupa kata ganti orang ketiga tunggal (she, he, it)
CONTOH:
  • She is busy ( dia sedang sibuk)
  • He is my brother ( Dia adalah kakak laki laki ku)
  • It is my book ( ini adalah buku ku)
  • It is mid night ( ini tengah malam)
  • Mona is a nurse ( Mona adalah seorang perawat
ARE
Are merupakan bentuk tobe, yang digunakan untuk menjelaska plural atau jamak dan digunakan untuk subject you, they, we.
CONTOH:
  • They are students ( mereka adalah murid)
  • Marry and Juan, they are happy ( Marry and Juan, mereka bahagia)
  • You are my sister ( kamu adalah kakak perempuanku )
  • We are the champion  ( kami adalah pemanang )
  • Dodo and Fajar are brothers ( Dodo dan Fajar adalah saudara)
WERE
Were digunakan sebagai bentuk past atau lampau dari are. Were juga digunakan untuk subjek you, they, we.
CONTOH:
  • hey were fighter (mereka adalah petarung)
  • we were students (kami adalah murid)
  • you were my bestfriend (kamu adalah teman baik ku)
  • we were his teachers (kami adalah muridnya)
  • you were police (kamu adalah polisi)
WAS
Was memiliki fungsi yang sama dengan is, hanya saja was digunakan dalam bentuk past atau yang telah lampau.
CONTOH:
  • she was a teacher (dia adalah seorang guru)
  • he was my friend (dia adalah temanku)
  • she was beautiful with short hair (dia cantik dengan rambut pendek)
  • he was fat (dia gemuk)
  • it was my story (itu ceritaku)

2. Kalimat Menyangkal (Negative Sentences)

AM
·         I am not bussy a moment. (Saya tidak sibuk saat ini)
·         I am not a student (saya bukan seorang murid)
·         I am not healthy (saya tidak sehat)
·         I am not diligent( saya tidak rajin)
·         I am not worker (saya bukan seorang pekerja)
ARE
·         You are not clever man (Kamu bukan seorang yang pandai)
·         You are not my sister(kamu bukan saudara perempuan saya)
·         We are not the champion (kami bukanlah pemenang)
·         Marry and Juan are not happy(Marry dan Juan tidak bahagia)
·         We are not scared(kami tidak takut)
IS
·         She is not beautiful (Ia bukan seorang yang cantik)
·         Dina is not short(Dina tidak pendek)
·         Lala is not like swimm (lala tidak suka berenang)
·         Mrs.Arky is not a Doctor(Pak Arky bukan seorang dokter)
·         Bastian is not a singer(Bastian bukanlah seorang penyanyi)
WERE
·         You were not sick yesterday (Kamu tidak sakit kemarin)
·         We were not studied yesterday(kami tidak belajar kemarin)
·         We were not work last year (kami tidak bekerja tahunlalu)
·         They were not came last week (mereka tidak dating minggu lalu)
·         You were not brought my book  last week (kamu tidak membawa buku saya minggu lalu)
WAS
·         He was not in Jakarta last week. (Ia tidak berada di Jakarta Minggu lalu)
·         She was not in classroom last Sunday (Dia tidak berada di kelas senin lalu)
·         Sinta was not watching Tv when I borrow her book  last week (Sinta tidak memonton TV ketika saya meminjam bukunya minggu lalu)
·         I was not busy yesterday (saya  tidak sibuk kemarin)
·         I was not get first rank lasy year (saya tidak  mendapatkan rangking 1 tahun lalu)

3.  Kalimat Tanya (Interrogative Sentences)
AM
·         Am I bussy at a moment ? (apakah saya sibuk saat ini ?) 
·         Am I a student? (apakah saya seorang siswa)
·         Am I healthy ? (apakah saya sehat?)
·         Am I diligent ? (Apakah saya rajin?)
·         Am I a worker?(apakah saya seorang pekerja?)
ARE
·         Are you cleverman ? (apakah kamu pintar?) 
·         Are you my sister?(apakah kamu saudara perempuan saya?)
·         Are you a doctor?(apakah kamu seorang dokter?)
·         Are they students?(apakah mereka siswa?)
·         Are  we the champion?(apakah kita pemenang?)
IS
·         Is she a beautiful girl ? (apakah dia seorang yang cantik?)
·         Is he your brother?(apakah dia saudaramu?
·         Is it your book?(apakah ini buku mu?)
·         Is it your bag?(apakah ini tas mu?)
·         Is she busy now?(apakah dia sibuk sekarang?)
WERE
·         Were you sick yesterday ? (apakah kamu sakit kemarin?)
·         Were we work last year?(apakah kita bekerja tahun lalu?
·         Were you late yesterday?(apakah kamu terlambat kemarin?)
·         Were we study last week? (apakah kita belajar minggu lalu?
·         Were we come last Sunday?(apakah kita datang senin lalu?)
WAS
·         Was he in Jakarta last week ? (apakah ia berada di Jakarta minggu lalu?)
·         Was she from Italy?(apakah dia berasal ari italia)
·         Was I safe him?(apakah saya menyelamatkannya ?
·         Was she teach you?(apakah dia mengajarkanmu?
·         Was he busy?(apakah dia sibuk?)
ssemoga bermanfaat :)





14 komentar: